Hello guys, sudah sekian lama saya tidak ngepost apa-apa ya.. Kali ini postnya dalam bahasa Indonesia aja ga pake bahasa inggris hehehe. Saya ingin menceritakan
pengalaman saya yang kurang mengenakkan tentang berbelanja online di salah satu
situs terkenal dengan tagline #klikcarihepi.
Saya membeli produk Olive Shampoo 270mL yang saya pesan melalui elevenia dengan nama
toko penjual “Klikmarket” (no. transaksi 201703100216923). Saya memesan
produk sebanyak 3 buah pada
hari Jumat, 10 Maret 2017 dan di
konfirmasi oleh elevenia pada hari itu juga pukul 23.10. Saya pun segera melakukan
pembayaran melalui internet banking dan di konfirmasi oleh elevenia pada pukul
23.25. Untuk pengiriman pesanan saya tersebut, saya memilih metode pengiriman
express delivery + asuransi, karena saya ingin barang tersebut segera saya
terima. Untuk metode pengiriman tersebut, saya dikenakan biaya sebesar Rp41.600.
Pada hari Senin tanggal 13 Maret, pesanan tersebut tidak kunjung saya
terima. Saya jadi bertanya-tanya, kenapa produk tersebut belum sampai,
sedangkan saya menggunakan metode pengiriman EXPRESS DELIVERY + ASURANSI?
Ternyata, pesanan saya tersebut tiba di tempat saya pada tanggal 14 Maret
2017 pada pukul 21.12 dengan metode pengiriman yang tercantum pada resi yaitu
TARIF REGULER TANPA ASURANSI sebesar HANYA Rp9.000.
Tampaknya disinilah akar permasalahannya mengapa pesanan saya lambat tiba
di tempat saya. Saya memesan dengan total tarif ongkos kirim sebesar Rp41.600,
sedangkan pengiriman dilakukan HANYA menggunakan tarif REGULER yaitu sebesar
Rp9.000. Jadi ada selisih sebesar Rp32.600.
Hari itu juga tanggal (14 Maret 2017), saya mencoba menelpon langsung ke
elevenia, menanyakan perihal keganjilan ongkos kirim tersebut. Pihak elevenia
meminta saya untuk mengirimkan bukti pemesanan, resi pengiriman yang tercantum
pada barang, dan foto dari barang tersebut. Semua permintaan elevenia saya
penuhi, bahkan foto mobil kurir yang mengantar barang tersebut pun saya
sertakan.
Tanggal 15 Maret, CS elevenia yang bernama Retno menyatakan bahwa klaim
saya telah diajukan pada pihak seller dan sedang dalam proses. Pada hari Kamis
16 Maret, saya mencoba menelpon lagi ke pihak elevenia, dan dijawab “sedang
dalam proses”. Sejak hari tersebut, hampir setiap hari saya menelpon elevenia,
dan selalu dijawab SEDANG DALAM PROSES, dan berkelanjutan sampai hari ini
tulisan ini dibuat (28 Maret pukul 00.00 WIB), saya belum mendapat kejelasan atas
pengembalian kelebihan dana yang sudah saya bayarkan melalui elevenia.
Disini saya hanya ingin berbagi kepada teman-teman agar berhati-hati dan
lebih teliti dalam memilih tarif ongkir, karena dari pengalaman ini saya
merasakan BETAPA SULITNYA meminta pengembalian dana tersebut dari elevenia dan
kalaupun dana tersebut dikembalikan, secara nilai pun saya sudah dirugikan,
karena hampir setiap hari saya harus menelpon dan entah sudah berapa banyak
pulsa yang saya habiskan hanya untuk mendapat jawaban SEDANG DALAM PROSES.
Mengenai tindakan penyimpangan tarif seperti yang terjadi dalam kasus saya
ini, silahkan teman-teman simpulkan sendiri, apakah ini termasuk penyelewengan,
penggelapan, atau korupsi????? Nilainya mungkin tidak seberapa, tapi perbuatannya
itulah yang perlu di waspadai.
Bagi para penggiat penegakkan hukum yang tertarik dan peduli terhadap kejadian ini,
saya memiliki data lengkap sejak pemesanan, barang tersebut tiba, dan proses
pengaduan yang tidak kunjung ada penyelesaian, mudah-mudahan itu semua dapat
menjadi bahan.
Tolong bantu share post ini, agar tidak ada lagi orang yang mengalami kejadian serupa seperti yang saya alami ini. Terima kasih.
Tolong bantu share post ini, agar tidak ada lagi orang yang mengalami kejadian serupa seperti yang saya alami ini. Terima kasih.
No comments:
Post a Comment